Vitamin Untuk Meningkatkan Hormon Testosteron

Semua orang pastinya sangat membutuhkan sekali testosteron agar tubuh mampu berfungsi dengan baik. Memiliki kadar testosteron yang terlalu rendah atau terlalu tinggi juga mampu menimbulkan masalah pada kesehatan.


Oleh sebab itu, penting sekali untuk anda memahami bagaimana cara kerja testosteron dalam tubuh, juga apa yang terjadi ketika kadar testosteron tidak seimbang.

Peranan Testosteron dalam tubuh 


Testosteron ialah hormon reproduksi yang paling penting pada pria. Pria memiliki testosteron sekitar 45 sampai dengan 6o kali lebih banyak daripada wanita. Pada masa pubertas, testosteron membantu merangsang pematangan organ seksual, pertumbuhan massa otot, rambut wajah dan karakteristik yang mampu membedakan pria dan wanita.

Setelah pubertas, pria masih memerlukan testosteron untuk mempertahankan gairah seksual, energi fisik dan untuk menghasilkan sel sperma. Dalam tubuh wanita, testosteron juga sangat penting sekali untuk mempertahankan dorongan seksual dan kekuatan tubuh.

Kadar Testosteron

Seiring dengan bertambanya usia, kadar testsosteron pria akan semakin menurun, mengakibatkan penurunan energi, kekuatan otot, gairah seksual dan ketajaman mental. Di sisi lain, kadar testosteron yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan seperti perilaku agresif, tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko kanker prostat pada pria.

Riset membuktikan oleh Yale School of Medicine mengatakan bahwa kadar tinggi testosteron juga mampu merugikan sel-sel otak. Jika anda mengalami kadar rendah testsosteron, mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin  A,E dan B5 dibarengi dengan obat peningkat hormon testosteron pada pria agar membantu meningkatkan level testosteron yang baik.

Vitamin A

Vitamin A membantu pembentukan testosteron, produksi sperma dan memlihara jaringan testis. Selain itu, vitamin A juga mampu memainkan peranan penting dalam kesuburan perempuan

Vitamin B5

vitamin ini berperan dalam membentuk testosteron, membantu tubuh melawan stres dan meningkatkan daya tahan fisik. Orang dengan defisiensi vitamin B5 itu, biasanya mengalami mati rasa, depresi, insomnia, kegelisahan dan gairah seksual menurun atau rendah. Sumber yang baik dari vitamin B5 ialah telur, kacang-kacangan, brokoli, biji-bijian, daging sapi dan daging unggas.

Vitamin E

Vitamin E dikenal dengan "vitamin seksual", vitamin E tidak hanya merangsang penbentukan hormon reproduksi , tapi juga mampu meningkatkan sirlukasi darah, sehingga daerah genital mendapatkan aliran darah yang memadai. Aliran darah yang lancar akan mengurangi risiko disfungsi ereksi pada pria dan meingkatkan respon seksual pada wanita. Tingkat rendah vitamin Ebiasanya menyebabkan dorongan seks rendah. Makanan kaya akan vitamin E diantaranya seperti bayam, kacang polong, asparagus, dan biji-bijian.